Pembelajaran Sains AUD
DEFINISI SAINSSains
bagi anak usia dini adalah upaya
mendorong anak mengeksplore lingkungan di sekitar, sains tidak merupakan waktu yang
menyimpan pengalaman lainnya, ini pendekatan yang terintegrasi, berkelanjutan
dalam pemikiran anak dan membangun dasar pemahaman, tentang dunia.PEMBELAJARAN SAINSAda
beberapa kemampuan dasar menggunakan proses saintifik yaitu :1. Mengamati
Anak
bisa terdorong untuk melihat secara lebih cermat pada tindakan yang lebih
spesifik atau sebuah informasi. Contohnya anak bisa terdorong untuk
mengobservasi tingkah laku burung ketika di darat, apakah burung tersebut
bberjalan atau meloncat ?2. Mengklasifikasikan
Anak
bisa mengklasifikasikan balok melalui bentuk, kelompok benda-benda yang
tersimpan di area seni, atau jenis-jenis kancing, daun-daunan, kerang-kerangan
atau koleksi lainnya.3. Membandingkan
Membandingkan
adalah proses memutuskan objek dan kejadian pada pada persamaan dan percobaan.
Contohnya anak bis membandingkan daun bunga daisy dengan bunga mawar lainnya. 4. Mengukur
Mengukur
adalah proses kemampuan dasar yang perlu untuk mengumpulkan data. Pengukuran
tidak harus menggunakan pengukuran yang berstandarisasi. Anak bisa mengukur dan
memotong lembaran panjang dari tanaman buncis, membandingkan ukuran dari
biji-bijian atau atau bebatuan dan sebagainya. 5. Mengkomunikasikan.
Mengkomunikasikan
adalah proses kemampuan dasar lainnya. Mereka
bisa membicarakan tentang apa saja yang mereka temui, membuat rekaman
bergambar, membuat grafik dan mengumpulkan data.6. Melakukan
percobaan
Guru
bisa membantu anak berfikir tentang aktifitas bermain seperti sebuah percobaan
dengan dengan kemampuan bertanya dan mendorong anak untuk merefleksikan
tindakan mereka dan hasil dari hasil tersebut.7. Menghubungkan,
menarik kesimpulan dan penerapan
Yaitu
dalam beberapa cara :1. Menghubungkan
adalah proses penggambaran abteraksi dari bukti-bukti yang nyata. Contohnya
anak yang mengobservasi air yang membeku mungkin tidak bisa menghubungkan
mengapa air menjadi cair karena suhu.
2. Menarik
kesimpulan adalah kemampuan untuk memutuskan sebab dan akibat yang berhubungan
atau fenomena. Contoh yang tidak bisa diamati adalah kejadian fenomena yang
termasuk listrik dan kemagnetan.
3. Penerapan
adalah penggunaan informasi dari pengalaman untuk mrenemukan, menciptakan,
menyelesaikan masalah baru dan menyimpulkan beberapa kemungkinan.
MENGAJARKAN SAINSMemastikan
keselamatan1. Peralatan
harus kokoh dan dalam keadaan baik.
2. Penggunaan
dari sumber-sumber panas harus benar-benar
diawasi.
3. Tanaman
yang ada diruangan kelas harus aman dari racun.
4. Bak
mandi dan kolam air harus tetap diawasi.
5. Peralatan
seperti pisau dan palu dalam keadaan baik dan harus dalam pengawasan.
Konsep
pengajaran dasar dan mendorong sikap positif.1. Konservasi
=> pentingnya sumber daya alam yang
terbatas.
2. Rasa
hormat pada hidup => belajar menghormati kehidupan dan tidak
menghancurkannya.
3. Rasa
hormat pada lingkungan => menjaga lingkungan dari sampah, dan sampah-sampah
bisa didaur ulang untuk menjadi benda-benda yang bermanfaat.
Merencanakan
urutan dari aktifitas1. Memperkenalkan
aktifitas
2. Selama
beraktifitas
3. Setelah
melakukan aktifitas
The National Science Education (NSE)
mengidentifikasi mengidentifikasi delapan kategori isi untuk siswa di taman
kanak-kanak yaitu :1. Mempersatukan
konsep dan proses
2. Sains
sebagai pemeriksaan
3. Sains
fisik
4. Sains
kehidupan
5. Sains
bumi dan luar angkasa
6. Sains
dan teknologi
7. Sains
secara pribadi dan Perspektif Sosial
8. Sejarah
dan sains alam (NRC 1996)
MENGINTEGRASIKAN SAINS KE DALAM KURIKULUMConezio
dan french (2003) membagi beberapa keuntungan dari penempatan sains pada pusat
kurikulum :1. Sains
menjawab kebutuhan anak untuk belajar tentang dunia dan sekitarnya.
2. Pengalaman
setiap hari anak menjadi dasar untuk sains.
D'Art - Get Your Back at the Dinosaurs at the Casino
BalasHapusD'Art titanium flash mica is black titanium wedding band one of the newest casino games developers titanium jewelry piercing in Japan. Developed by Konami, D'Art titanium hammer was developed by Konami and dental implants was released in the US.