Maria Montessori
Maria Montessori:
hidup dan metode
RIWAYAT HIDUP Beliau
dilahirkan di Italia dan dididik dalam lingkungan liberal. Montessori
adalahwanita pertama yang mendirikan sekolah medis di Italia dan membangun
psikologiyang berbasis sistem pendidikan dan disebarkan ke dunia internasional.
Setelah itu iamendirikan universitas di Roma dimana ia mempelajari ilmu dokter
anak dan psikiatris. Montessori menjadi tertarik pada pembelajaran dan
pengembangan anak-anak. Ia membiayai anak jalanan dan mengobservasi mereka
dengan uangnya sendiri.Tahun 1899 Montessori menjadi direktur sekolah
Orthophrenic, institute medical psikologi. Tahun 1906, Montessori
menemukan The Casa dei Bambini, atau rumahuntuk anak-anak, dimana ia
mengembangkan metode pedagogik yang kemudiandikenal sebagai Sistem Montessori.
Sekolah ini dibuka pada Januari 1907,dikemudian hari metode Montessori menjadi
terkenal dan berkembang ke duniainternasional.Elizabeth G. Hainstock dalam
bukunya “Metode pengajaran Montessori untuk anak sekolah dasar”,
menjelaskan bahwa metode Montessori bertujuan sebagai
pengantar prinsip, agar anak-anak mereka dapat memasuki kesenjangan
pendidikan yang lebihtinggi dengan persiapan yang matang. Pendidikan ini
dimulai dari masa prasekolah,yaitu dengan cara pendidikan Bahasa dan
Matematika. Bahasa dan Matematikamerupakan dua hal yang sangat penting dan
menjadi dasar untuk pendidikanselanjutnya. Pendidikan anak dalam dua bidang ini
agar mendapatkan hasil yangoptimal, maka menurut Montessori, anak harus belajar
atas kemauannya sendiri, tidak dengan dipaksa. Salah satu cara yang mudah
untuk membuat anak menyukai belajar adalah dengan cara membuat anak
belajar sambil bermain karena anak-anak sangatmenyukai permainan. Oleh karena
itu, sebagai orang tua dan pendidik harus kreatif dalam memasukkan
pelajaran dalam permainan anak-anak.Banyak permainan anak-anak yang dapat
diterapkan oleh orang tua sebagai orangterdekat mereka, untuk mengembangkan
kemampuan intelektual, psikomotorik,emosional, dan kognitif. Permainan-permainan
itu harus diseleksi oleh orang tua dan harus dijelaskan arti dari permainan
itu. Anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya terutama
anak-anak yang menerima pola asuh permissive, mereka akan cenderung mempunyai
pola kebiasaan yang menyendiri dan kognisi merekacenderung terhambat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar